Limbangan Menuju Desa Yang Adapatif Terhadap Perubahan Iklim

Senin, 6 Agustus 2018 Desa Limbangan dikunjungi oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Kunjungan kementrian yang didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengan dan dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal tersebut bertujuan untuk melakukan kegiatan verifikasi atas usulan Kabupaten Kendal untuk menjadikan Desa Limbangan sebagai salah satu desa yang menjadi Desa yang dapat dijadikan contoh dan inspirasi bagi desa-desa lain dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. yang dalam hal ini dikemas dalam Desa yang Pro terhadap Perubahan Iklim dan emisi ngas rumaha Kaca.

Kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan masyarakat desa Limbangan tersebut, selain pemepara, diskusi dan tanya jawab dalam ruangan balai desa, juga dilakukan dengan mengunjungi lapangan untuk melihat beberapa kegiatan yang mendukung adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Selain itu, dilapangan tim juga melakukan tanya jawab dengan warga untuk mengetahui sejauhmana warga paham terhadap adaptasi perubahan iklim serta apa maksud dan tujuan mereka melakukan hal tersebut.

Program Kampung Iklim ( PROKLIM ) sendiri merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. selain itu dalam upaya ini, kementrian selaku lieding sektor program memberikan penghargaan terhadap upaya-upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilaksanakan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Tujuan Proklim itu sendiri adalah meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkan sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahaann masyarakat menghadapai perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK.

Limbangan, 15 September 2018
ditulis Oleh : Emi Reswati
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan