Kendal Dapet Penghargaan Atas Proklim di Limbangan dan Gondang

Agak keget ketika membaca tulisan yang diunggah oleh Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto pada hari Jum’at 26 Oktober 2018 di berita online Tribun Jateng, tentang pemberian penghargaan kepada Kabupeten Kendal yang diwakili oleh Bupati Kendal dr. Mirna Annisa MM diJakarta. Penghargaan yang diberikan oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan tersebut karena Kendal telah menerapkan program kampung iklim. Dan kampung yang menjadi sasaran dan binaan kabupaten Kendal tahun 2018 ini adalah desa Limbangan dan desa Gondang Kecamatan Limbangan.

Proklim sendiri merupakan program kemitraan lingkungan hidup yang bertujuan untuk melakukan upaya-upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Sebenarnya desa Limbangan telah lama menerapkan upaya ini, hal ini dibuktikan dengan adanya peraturan desa Limbangan nomor 1 tahun 2007 tentang konservasi alam di desa Limbangan. Dilain hal, dalam pengelolaan sampah, meskipun belum dapat dapat dilihat dari sesutse yang menggembirakan, namun Desa Talah melakukan proses-proses inovatif sejak tahun 2008. Selain itu, Limbangan juga aktif bekerja sama dengan berbagai pihak untuk urusan lingkungan hidup, dan terus berproses sampai sekarang.

Penghargaan yang diterima oleh bupati Kendal, setidaknya memberikan pencerahan atas kemenangan kecil dari sebuah cita-cita agar Limbangan menjadi sebuah desa yang tetap sejuk, yang dapat dinikmati oleh siapa saja ditengah hiruk pikuknya proses perubahan yang cepat dan tidak dapat dihindari.

Bupati Kendal bersama Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan setelah menerima penghargaan
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan