Warga RW 3 Lakukan Penanaman 250 Pohon di Makam Segangin

Tanam 250 Pohon Di Makam Segangin

Agak telat sebenarnya kalau berita ini saya unggah pada hari dan tanggal seperti telah tercatat dalam unggahan. Tetapi akan lebih sayang lagi jika saya tidak mengunggahnya, karena ada praktek baik yang mungkin bisa jadi inspirasi atau sekedar referensi pengetahuan bagi para pengabdi masyarakat.

Minggu, 11 November 2018 kemarin warga RW 3 melakukan kerja bakti pembersihan makam kulon/sebangun. Kegiatan ini selain sebagai gebrakan awal para pengurus RT dan RW terbaru, juga telah menjadi tradisi di desa Limbangan satu Minggu sebelum dilakukan upacara Sadranan, terlebih dahulu dilakukan bersih-bersih lingkungan pemakaman. Tidak seperti biasanya, kegiatan kerja bakti kali ini lebih menginspirasi warga lain khususnya di desa Limbangan. Warga RW 3 yang kebagian bersih makam area barat sebelah selatan selain melakukan pembersihan juga melakukan penanaman pohon sebanyak 250 pohon sengon. Penanaman ini dimaksudkan, selain akan menjadi penopang kuatnya tanah pekuburan dari guyuran hujan, pohon ini juga sangat bermanfaat sebagai fungsi serapan air. Selain itu dalam jangka 5 sampai 7 tahun kedepan pohon ini dapat digunakan untuk kepentingan pembangunan area pemakan.

Penanaman yang dilakukan oleh warga RW 3

Kerja bakti ini dikomandani langsung oleh ketua RW dengan dibantu 3 orang ketua RT. Asep, salah satu warga RW 3 mengatakan “kegiatan ini (penanaman) sangat baik dan saya kira patut dicontoh RW-RW lain di desa Limbangan”. Karena dengan melakukan penanaman paling tidak kita akan mengimbangi beberapa bidang tanah di desa kita yang telah berubah fungsi menjadi bangunan. Saya berharap kesejukan yang pernah saya rasakan diwaktu saya masih kecil di desa yang sangat saya cintai ini juga dirasakan oleh anak-anak saya.

Suasana kerja bakti sangat semarak dan semangat, warga juga berharap agar kegiatan-kegiatan bersama seperti ini dapat dilakukan setiap sebulan sekali pada tempat yang berbeda. Karena dengan begitu desa kita akan terlihat bersih serta rapi. Dan semoga dengan kepengurusan RT dan RW baru yang tergolong masih muda-muda ini akan membawa desa dan lingkungan kita semakin baik.

  1. Semangat warga RW 3 dalam kerjabakti penanaman 250 pohon
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan