Turonggo Mekar Sejati Tampil di Hari Sadranan Desa Limbangan

Turonggo Mekar Sejati Kelas Anak

Jum’at, 16 November 2018 group kesenian kuda lumping Turonggo Mekar Sejati Limbangan menggelar pertunjukan di area pertunjukan Ringin kurung. Pertunjukan ini selain untuk merayakan hari Sadranan di bulan maulid juga untuk menampilkan kelas latihan anak-anak.

Pertunjukan dimulai pada siang hari setelah selesai upacara Sadranan, dengan permainan awal sebagai pembuka adalah kelas anak. Sedangkan untuk kelas dewasa main pada malam hari. Meskipun group seni kuda lumping ini sering main (dari desa dan main di desa sendiri) tetapi antusias warga terhadap kesenian ini tidak pernah surut. Dan bahkan saat ini dapat dikatakan setiap kali Turonggo Mekar Sejati Tampil, jumlah penonton atau penikmat tarian ini semakin banyak.

Doa bersama saat upacara sadranan

Bagong, sebagai ketua group Turonggo Mekar Sejati mengatakan “bahwa saat ini anak-anak sedang giat berlatih. Mereka punya semangat yang tinggi untuk nguri-uri seni budaya ini. Saya juga berharap anak tidak hanya sekedar bermain, tetapi juga mengangkat kualitas kesenian ini agar juga ikut mendorong kemajuan desa. Bapak Sutarman selaku ketua RT di RW 02 juga berharap agar warga desa Limbangan dapat mendukung kegiatan budaya ini. Salah satunya dengan mengundang mereka dalam momentum-momentum yang dapat menampilkan mereka. Karena semakin sering mereka tampil maka akan sering juga mereka dalam berlatih.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan