Gotong Royong Untuk Perbaikan RTLH di RT 01 RW 03

Gotong-Royong Warga Untuk Perbaikan RTLH

Limbangan – Kepala Desa Limbangan (Munjiyah) menghadiri kegiatan gotong royong warga dalam kegiatan pembongkaran rumah penerima bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) di RT 01 RW 03. Dalam kesempatan itu, Kepala Desa mengatakan bahwa bantuan ini sangat tidak berarti apabila masyarakat sekitar tidak turut serta dalam pembangunan ini. Gotong royong adalah kemewahan yang masih dimiliki oleh warga desa, dan ini berkontribusi besar dalam setiap proses pembangunan Desa.

Warga yang menjadi sasaran penerima bantuan RTLH tersebut adalah rumah milik Bapak Waluyo. Rumah ini berukuran 6m x 7m, dihuni oleh 7 Orang/jiwa yang didalamnya terdapat dua Kepala Keluarga yaitu KK bapaknya dan Kkanaknya yang telah menikah dan telah mempunyai anak.

Bapak Waluyo mengaku sangat senang dengan adanya bantuan perbaikan RTLH ini. Meskipun jumlahnya tidak banyak untuk ukuran pembangunan rumah, namun menurutnya sangat membantu. Terlebih warga desa serta pengurus RT dan RW turut serta dalam pembangunan ini, rasanya sangat terharu saya melihatnya. Sudah lama saya berdo’a dan berharap untuk dapat memperbaiki rumah karena memang kondisinya sudah rusak. Terlebih kalau musim hujan, saya sering khawatir kalau-kalau rumah ini roboh.

Hampir Seluruh Warga RT 01 RW 03 Hadir dalam Gotong-Royong RTLH

Sementara itu, Bapak Ketua RT 01 (Khandikin) mengatakan, Besaran bantuan yang diterima guna pemugaran rumah ini sebesar Rp 10 juta termasuk pajak. Uang tersebut merupakan batuan pemerintah propinsi jawa tengah yang disalurkan melalui pemerintah Desa Limbangan. Dan rumah ini merupakan salah satu target perbaikan RTLH dari 1,6 juta rumah di jawa tengah.

Oleh tim RT uang tersebut dibelanjakan semua untuk kebutuhan material pembangunan. Kalau melihat ukuran bangunan, uang tersebut sangat tidak mencukupi. Akan tetapi tim kemudian menggerakkan dan mengumumkan kepada semua warga untuk ikut nyengkuyung pembangunan ini. Dan alkhamdulillah, geliat warga dalam bergotong royong masih sangat kuat. Tidak hanya bantuan tenaga saja, banyak juga warga yang ikut andil membantu kebutuhan material dan konsumsi.

Tidak Butuh Waktu Lama untuk menurunkan genteng karena sengkuyung
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan