Dari 9 Calon Anggota DPRD Kendal Yang Berasal Dari Kecamatan Limbangan, 4 Diantaranya Dari Desa Limbangan

Info Pemilu 2019

Pemilu tahun 2019 besok merupakan pemilihan serentak yang dilakukan pertama kali. Pada pemilu 2019 dikatakan serentak, karena berbeda dengan pemilu sebelumnya. Pada pemilu sebelumnya pemilihan presiden dilakukan setelah selesai pemilihan legislatif. Para anggota Dewan yang terpilih hasil pemilu kemudian mengajukan calon presiden dan wakil presiden yang bertarung dalam pemilihan presiden tiga bulan kemudian. Tetapi pada tahun 2019 nanti, pemilihan calon anggota dewan dengan calon presiden dilakukan secara bersama.

Dilakukannya pemilu secara serentak ini salah satu tujuannya adalah evisiesi anggaran. Karena dengan seringnya diadakan pemilu maka anggaran negara yang digunakan untuk pelaksanaan pesta demokrasi tersebut juga banyak. Biaya penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 ini, negara menganggarkan 24,8 triliun rupiah. Angka ini meningkat sekitar 700 miliar dibandingkan dengan Pemilu tahun 2014, yang diselenggarakan dengan biaya 24,1 triliun. Namun Pemilu tahun 2014, hanya Pemilu legislatif. Kali ini dilangsungkan serentak dengan pemilihan Presiden dan wakil presiden.

Pada pemilu 2019 ini KPU menetapkan sejumlah aturan main bagi para peserta Pemilu. Untuk proses kampanye, KPU menetapkan jadwalmulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Tanggal 14 s/d 16 April 2019 adalah masa tenang, kemudian untuk proses pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 17 April 2019. Jumlah partai yang akan menjadi peserta pemilu tahun 2019 sejumlah 16 partai. Empat (4) diantaranya merupakan partai baru, yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Garuda, dan Partai Perindo. Secara nasional, pemilu kali ini akan memilih sepasang presiden dan wakil presiden, 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD, 2.207 anggota DPR Provinsi dan 17.610 anggota DPRD Kota/Kabupaten. Bagi pemilih pemula jangan bingung karena dalam surat suara nanti kita hanya akan diberi kartu suara sesuai dengan daerah pemilihan yang akan mewakili kita.

Terdapat 4 calon anggota DPRD Kendal dari Desa Limbangan

Untuk warga Desa Limbangan, kita akan pilih 7 orang calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kendal yang akan mewakili daerah pemilihan 3 yaitu Singorojo, Boja dan Limbangan. Begitu juga dengan pemilihan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah masyarakat desa Limbangan hanya akan memilih 1 orang dari 7 kursi yang disediakan untuk daerah pemilihan jateng 2 (Kabupaten Kendal, Kabupaten Semaran dman Kota Salatiga). Untuk Dapil 3 Kabupaten Kendal, pada pemilu 2019 nanti terdapat 9 orang calon yang berasal dari kecamatan limbangan. Dan dari 9 orang calon tersebut 4 orang diantaranya dari Desa Limbangan, diantatranya adalah :
– Ngadiman, warga dusun Brujulan (RW 8) Dari Partai Golkar
– Eko Pujo Aksomo, Warga RW 04 (Kampung Pasar) Dari Partai Nasdem
– Siti Zulaikhah, Warga RW 03 (Kakuman Kidul) Dari Partai Amanat Nasional
– Endri Priyanto, Warga RW 05 (Salakan) Partai Demokrat

Sejauh ini jumlah pemilih di Desa Limbangan yang telah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tercatat sebanyak 4.138 orang yang terdiri dari 2.059 pemilih laki-laki dan 2.079 pemilih perempuan, yang akan memilih di 12 TPS. Adapun lokasi 12 TPS di Desa Limbangan selama tidak ada perubahan sampai pada pelaksananan pemilu nanti adalah sebagai berikut :
 TPS 1 Berada di Halaman Rumah Bapak Slamet RT 01 RW 1
 TPS 2 Berada di Halaman Rumah Ibu Jumirah RT 02 RW 2
 TPS 3 Berada di Rumah Ibu Sulilah RT 01 RW 3
 TPS 4 Berada di Halaman MTs NU 12 Limbangan
 TPS 5 Berada di Balai Desa Limbangan
 TPS 6 Berada di Rumah Bapak Mudasir (Alm)
 TPS 7 Berada di Halam Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 TPS 8 Berada di Rumah Bapak Kasiyan RT 04 RW 6
 TPS 9 Berada di Halaman SD Negeri 2 Limbangan
 TPS 10 Berada di Halaman Rumah Bapak Hartanto RT 03 RW 8
 TPS 11 Berada di Halaman Rumah Bapak Riyanto RT 01 RW 9
 TPS 12 Berada di Gedung TPQ Dusun Borangan (RW 10)

Lima kertas suara dalam lima warna
Seperti keterangan yang telah tertulis diawal bahwa pada Pemilu 2019 nanti kita akan pilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR-RI, anggota DPRD Provinsi, anggota DPRD Kabupaten/Kota dan anggota DPD. Kecuali DKI Jakarta, yang hanya empat kertas suara —tanpa DPRD kota/kabupaten.

Dari 5 pilihan tersebut terdapat lima kertas suara yang masing-masing kertas suara ditandai dengan warna kertas yang berbeda. Yakni:

– Warna Abu-abu adalah Kertas suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.
– Warna Kuning adalah Kertas suara untuk memilih anggota DPR RI.
– Warna Merah adalah Kertas suara untuk memilih anggota DPD RI.
– Warna Biru adalah Kertas suara untuk memilih anggota DPRD Provinsi.
– Warna Hijau adalah Kertas suara untuk memilih DPRD Kota / Kabupaten.

Facebook Comments

1 Comment

  1. Mohon Maaf Ada Kekeliruan dalam penulisan karena penerimaan data yang belum falid.
    yang benar : dari 9 calon angota DPRD Kabupaten Kendal, 5 Orang calon dari Desa Limbangan yang diantaranya : satu orang yang belum disebut diatas adalah Bapak Suripto RW 4 (Kampung Pasar) yang merupakan calon anggoita Dewan Dari Partai Gerindra

Tinggalkan Balasan