Musdus Untuk Mengawali Perencanaan Pembangunan Desa Yang Partisipatif

Musdus di dusun Tercel RW 06

Limbangan. Jumat malam 04 Januari 2019, Dusun Tercel (RW 06) menggelar Musayawarah Dusun (Musdus) untuk menyerap pendapat, menggali ide dan pemeta’an kebutuhan warga terkait kegiatan yang akan dibiayai oleh APBDes tahun anggaran 2020.

Musdus ini merupakan tahapan awal dalam proses perencanaan pembangunan Desa, dimana hasil musyawarah dusun ini menjadi acuan bagi Pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan pembangunan desa disetiap tahunnya.

Musyawarah Dusun Tercel

Hasil dari musdus yang tertampung dalam daftar usulan ini, akan dibawa ke forum yang lebih tinggi yaitu musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa) dimana setiap dusun  mewakilkan beberapa orang untuk hadir dan memperjuangkan usulan-usulannya dengan dusun-dusun  lain di desa Limbangan.

Musyawarah dusun ini dimulai pukul 20.00, bertempat dirumah Bapak Wahadi (Ketua RW 06). cukup banyak usulan yang disampaikan oleh warga dalam rapat ini. Dari catatan notulen, proses ini telah menghasilkan 14 usulan dan gagasan dari warga, baik usulan kegiatan pembangunan infrastruktur ataupun usulan kegiatan yang bersifat pemberdayaan. Suasananya musyawarah sangat aktif dan dinamis hingga berakhir pada pukul 23.00.

Selain Pengurus RW dan para pengurus RT, hadir juga dalam kesempatan ini bapak Sutarwan (Kadus), Khamdikin (Ketua KPMD),  Arifin (Pendamping Lokal Desa) dan Toyib (perangkat desa bidang kesejahteraan). Tak ketinggalan tokoh masyarakat Dusun tercel dari semua unsur diantaranya kelompok tani, ketua  pemuda dan tokoh agama.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan