Limbangan Tingkatkan Kesejahteraan dengan Menjaga Keamanan dan Ketentraman Desa

Ronda malam di RT 2 RW 3

Semenjak adanya berita tentang maraknya pembakaran kendaraan, saat ini warga desa Limbangan menjadi tergugah kembali untuk mengaktifkan ronda malam. Beberapa poskamling yang sudah mulai lesu kini giat kembali, dan pos-pos kamling yang rusak kini diperbaiki. Dan bahkan ada wilayah yang melakukan penambahan poskamling karena padatnya penduduk dan luasnya wilayah, seperti di RW 3 yang dulunya hanya ada 3 poskamling sekarang ada 5 poskamling yang masing-masing poskamling mendapatkan fasilitas 1 pesawat HT untuk keperluan komunikasi. Di RT 1 RW 5 poskamling dibangun sedemikian rupa dengan harapan agar warga yang mendapat jadwal ronda tidak bosan. Begitu juga dengan RW 6, poskamling dilengkapi dengan televisi beserta sound sistem. Semua itu dilakukan oleh warga dengan swadaya, baik menggunakan dana kas atau iuran warga. Sampai dengan hari ini (15 Maret 2019) Terdapat 23 pos siskamling di desa Limbangan dengan kondisi fisik bangunan pos yang bervariasi. Dari 23 bangunan pos siskamling tersebut 5 poskamling telah dibangun dengan permanen, 2 di RW 6, 2 di RW 5 dan 1 di RW 1.

Peserta ronda di RT 1 RW 5

Sistem Keamanan Lingkungan atau yang familiar disebut dengan siskamling merupakan upaya mandiri warga secara bersama dalam meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban untuk perlindungan dan pengamanan masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Keamanan dan Ketertiban. Disebut pengamanan mandiri, karena Dalam hal pelaksanaannya dilakukan sendiri oleh warga. Oleh karena itu kesadaran dan partisipasi warga menjadi prasyarat penting agar sistem ini tetap berjalan. Sistem ini sebenarnya sudah ada sejak sebelum bangsa ini merdeka yang kemudian menumbuhkan sikap, kepekaan  dan daya tanggap warga untuk mewujudkan ketentraman lingkungannya.

Gotong-royong warga pembangunan poskamling baru di RW 03

Ada berbagai model dalam pelaksanaan aktivitas Siskamling. Salah satunya dilakukan dengan patroli malam atau yang biasa disebut dengan Ronda malam. Ronda berarti berjalan berkeliling kampung untuk mengecek keadaan keamanan setiap rumah. Guna memastikan bahwa petugas ronda telah mengecek keamanan setiap rumah, biasanya dilakukan dengan mengambil jimpitan beras atau uang receh ditiap-tiap rumah yang biasanya diletakkan didepan rumah warga.

Kegiatan pembersihan poskamling di RW 01

Bicara tentang keamanan, siskamling ini merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman. Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam distribusi komunikasi dan informasi external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban warga di setiap waktu.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan