Limbangan Ikuti Bintek Pengelolaan Website Desa

Suasana Bintek hari pertama

Kendal, 19 Maret 2019, Di Rumah makan Tirto Arum baru Kendal berlangsung bimbingan teknis pengelolaan website desa bagi aparatur desa di Kabupaten Kendal. Kegiatan yang dilakukan selama 2 hari (senin dan rabo – 18 – 19 Maret 2019) dan diikuti oleh 60 orang perangkat desa tersebut diisi oleh Dispermasdes sendiri sebagai lieding sektor desa, Kemudian diskominfo sebagai lieding sector komunikasi dan informasi dan para tenaga ahli P3MD, khususnya Tenaga ahli untuk urusan IT . Dari kecamatan Limbangan terpilih desa Limbangan dan Desa Tabet untuk ikut dalam bimbingan tersebut.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong desa dalam menggunakan website sebagai media penyampaian informasi desa terhadap para pihak, termasuk terhadap masyarakat desa sebagai penerima manfaat atas pembangunan desa.

Dalam implementasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2006 tentang Desa, bagian Ketiga Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan telah jelas menyebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota. Dengan demikian Sistem Informasi Desa adalah bagian yang tak terpisahkan dari UU tersebut dan menjadi mutlak untuk dilaksanakan Karena merupakan amanah.

Sistem Informasi Desa sendiri merupakan sistem atau aplikasi yang dapat dijadikan alat untuk mengawal banyak hal dalam proses pembangunan desa. Selain itu sistem informasi desa juga dapat membantu memudahkan aparatur desa dalam percepatan pelayanan warga.

Suasana bintek
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan