PPS Limbangan Tetapkan 126 Anggota KPPS

limbangan.sideka.id, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Limbangan melalui beberapa proses seleksi telah menetapkan 126 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada pemilu serentak 2019.

Setidaknya pada pemilu 2019 ini akan ada 162 petugasĀ  berjaga di 18 TPS di seluruh desa Limbangan. Dari 162 orang tersebut masing-masing TPS akan dijaga oleh 9 orang petugas. 2 orang merupakan petugas keamanan yang akan berjaga sejak H-1 pemungutan hingga selesai pemungutan dan 7 orang merupakan petugas penyelenggara atau KPPS.

Ketua panitia pemungutan suara desa Limbangan, Dias Antara mengatakan tahun ini terjadi kenaikan jumlah TPS dibanding dengan pemilu sebelumnya. Kalau pemilu sebelumnya terdapat 16 TPS, pada pemilu 2019 ini terdapat 18 TPS atau lebih banyak 2 TPS dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pemilu pada tahun 2019 ini merupakan pemilu serentak pertama dilakukan. Kalau tahun sebelumnya hanya mencoblos DPR dan DPD, pada tahun ini akan ditambah dengan mencoblos calon presiden. Dari penambahan tersebut diasumsikan akan menambah durasi waktu pencoblosan pada tiap-tiap hak suara. Konsekwensi ini kemudian dilakukan penambahan jumlah TPS dan memecah pengguna hak suara agar tidak terlalu lama menunggu proses pencoblosan.

Laporan penulis Limbangan.sideka.id 1 April 2019

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan