Melalui BDT, Desa Lakukan Identifikasi Warga Kurang Mampu

Selasa, 9 April 2019 desa Limbangan menggelar diskusi dengan sejumlah pihak yang tergabung dalam Program Terpadu. Diskusi yang difasilitasi oleh tim BDT Kecamatan Limbangan bertujuan untuk melakukan pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT).
Basis Data Terpadu atau yang disingkat dengan BDT, adalah sistem data elektronik berisi data nama dan alamat yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia (Permensos 10 Tahun 2016 Pasal 1).

Petugas TKSK Kecamatan Limbangan Novian Budiarto dalam paparannya mengatakan, hingga kini masih ditemukan warga yang status kesejahteraan nya masih sangat rendah, namun tidak masuk dalam daftar BDT, pun sebaliknya warga yang tidak layak masuk dalam daftar BDT malah masuk dalam daftar BDT. Padahal, BDT menjadi salah satu syarat warga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah.

“Masih kata Novian, jika warga yang layak masuk dalam daftar BDT namun belum masuk, atau ada perubahan status kesejahteraan warga, saat ini adalah kesempatan untuk memasukkannya. Adapun prosesnya dilakukan pendaftaran melalui mekanisme Pemutakhiran Mandiri Basis Data Terpadu (MPM-BDT) berkoordinasi berkoordinasi dengan desa sampai kabupaten.

Kepala desa Limbangan Munjiyah dalam sambutannya berharap agar seluruh stakeholder yang saat ini hadir dapat berkontribusi penuh untuk memberi masukan siapa saja yang harus masuk dan siapa saja yang sudah tidak pantas lagi ada dalam daftar BDT. Langkah-langkah strategis harus dilakukan dalam upaya pengintegrasian BDT dengan program-program penanggulangan kemiskinan, agar upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesejahteraan bisa lebih tepat sasaran.

Melalui acara ini, kita semua berharap akan ada hasil identifikasi pelaku BDT di di desa Limbangan. Tentunya sangat tidak mungkin jika hanya dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Untuk mendapatkan data yang Riel (sesuai keadaan terkini) peran ketua RT sangat penting.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan