Warga RT 01 RW 05 Gunakan Besek Sebagai Wadah Daging Qurban

Besek yang terbuat dari bambu

Plastik biasanya menjadi awal pemikiran para panitia ketika akan membagikan daging qurban. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang merasa lebih maju dengan memberi cap atau tulisan pada plastik tersebut. Mudah dan murah sepertinya memang sudah menjadi mainstream masyarakat yang serba instan. Tidak hanya di kota saja, di desa- desa yang masih banyak dijumpai bahan alami yang bisa digunakan untuk wadah pun sudah tak lagi peduli dengan bahan-bahan tersebut, hanya karena merasa lebih sulit dan membutuhkan waktu.

Berbeda dengan warga RT 01 RW 05 Desa Limbangan, pada perayaan idul adha tahun ini panitia penyembelihan hewan qurban menghimbau agar wadah daging qurban yang akan dibagikan kewarga menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Salah satu panitia qurban bapak Budi Siswanto mengatakan “untuk mengurangi sampah plastik mulai saat ini kita sudah harus mempraktekkannya, apalagi pada acara-acara warga seperti saat ini. Acara ini merupakan kesempatan bagi kita untuk memberi pemahaman pada warga bahwa sudah saatnya kita kurangi sampah plastik mulai dari sumbernya. Dulu sebelum ada plastik kita semua terbiasa menggunakan wadah non plastik seperti besek yang saat ini kita gunakan, daun-daunan dan lain sebagainya, dan sesungguhnya bukan hal yang sulit untuk kembali menggunakan bahan-bahan alami dalam kegiatan, apalagi untuk kepentingan rumah tangga”.

RT 01 RW 05 desa Limbangan atau yang biasa disebut dengan kampung njambon, pada perayaan idul adha tahun ini menyembelih 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Ke’empat hewan qurban tersebut dari 10 Orang warga RT 01 RW 05 yang berqurban. Daging qurban kemudian dibagikan ke seluruh Warga RW 05 dengan jumlah kurang lebih 125 kepala keluarga. Semua daging yang dibagikan menggunakan wadah besek yang terbuat dari anyaman bambu. Semoga pada perayaan idul adha tahun depan tidak hanya kampung njambon yang menggunakan wadah daging qurban yang ramah lingkungan. Dan bahkan upaya baik ini sangat perlu dan penting untuk diaplikasikan pada acara-acara lain yang sekiranya menggunakan banyak wadah.

Mulai sekarang, mari kita kurangi penggunaan plastik, dan menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan