Musyawarah Untuk Menentukan Pembangunan Desa Tahun 2021

I

Musrenbandes

Hari ini, 21 Januari 2020 telah dilaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan Desa Limbangan tahun anggaran 2021. Musyawarah ini dihadiri oleh beberapa perwakilan masyarakat desa Limbangan. Selain masyarakat, Musyawarah ini juga dihadiri oleh perwakilan kecamatan. Musyawarah diawali dengan beberapa sambutan. Salah satu diantaranya adalah sambutan dari PJ Kepala Desa Limbangan (Moh Mudzani), delegasi kecamatan yang disampaikan oleh bapak Wijatmiko dan BPD yang disampaikan oleh ibu Umi.

Setelah sambutan, musyawarah dilanjutkan dengan inti musren yang diawali dengan pembacaan usulan hasil Musdus atau Mus RW. Dalam sesi ini musyawarah menjadi sangat hidup, hal ini terjadi karena penentuan prioritas pembangunan. Masing-masing dusun diminta untuk menentukan prioritas pembangunan baik itu pembangunan fisik ataupun pemberdayaan. Yang sangat menarik dari musyawarah ini terdapat salah satu RW yang sudah mulai mengusulkan beberapa kegiatan non fisik, yaitu RW 03, dan bahkan usulannya lebih banyak kegiatan pemberdayaan dibanding kegiatan fisik. Ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai sadar bahwa pembangunan Sumberdaya Manusia dan pembangunan untuk peningkatan ekonomi juga merupakan bagian penting yang harus disentuh.

Selain berbasis wilayah, musyawarah juga sangat hidup dengan adanya pertisipaai perempuan. Kelompok-kelompok perempuan desa Limbangan yang tergabung dalam satu wadah organisasi yaitu PKK, dengan sangat getol mengusulkan perbaikan jambanisasi dan pengelolaan sampah. Selain kedua hal tersebut, kelompok ini juga mengusulkan agar Pamsimas kembali diurus dengan baik. Hal ini diusulkan oleh kelompok perempuan karena berkait dengan aktifitas keseharian perempuan.

Musyawarah diakhiri pada jam 12.30 setelah dilakukan kesepakatan penentuan prioritas pembangunan. Kegiatan ditutup dengan kalimat akhir BPD yang menyampaikan harapannya agar semua elemen masyarakat ikut berpartisipasi mengawal proses pembangunan agar semua yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan warga.

Musrenbang 2021

Tinggalkan Balasan