Loading Kegiatan

« Semua Kegiatan

  • kegiatan ini telah berlalu.

10 Muharam, Remaja Masjid Baiturrokhim Adakan Santunan Anak Yatim

6 Oktober @ 08:00 - 17:00

Kegiatan Navigation

Kesadaran untuk berbagi, tidak saja merupakan sikap mulia yang diajarkan semua agama. Lebih jauh dari itu, pikiran dan naluri manusia sebagai makhluk sosial selalu menuntut kita untuk bersikap peduli dan peka terhadap segala penderitaan, kekurangan dan keterbatasan yang dirasakan sesama. Ada sisi lain dari bathin kita yang ikut menderita atau merasa bersalah ketika kita memiliki dan merasakan kemudahan hidup dengan berbagai fasilitasnya, sementara di saat yang sama kita tahu, ada di sekitar kita yang bahkan hanya untuyk memenuhi kebutuhan hidup pokok pun terasa sulit.

Ada setitik cahaya yang menjadi harapan kita bersama, ketika naluri kesadaran kita tergerak  untuk melakukan amal nyata, dengan berbagi terhadap sesama maka kita pun dapat saksikan tidak saja para tokoh dan pemuka agama, para cendikiawan, professional, mahasiswa, pejabat pemerintah bahkan para pengusaha pun saat ini telah semakin menyadari hak orang lain dan ia merasa harus memberikannya kepada yang berhak menerimanya.

Dalam KalamNya , Allah SWT berfirman :

“ Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang-orang yang Sholeh yaitu orang-orang yang lalai dari sholatnya, orang-orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”. ( QS. Al-Ma’un Ayat 1-7 ).

“Kamu sekali-kali tidak akan sampai kepada kebaikan yang sempurna sebelum menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah maha mengeahui.”( QS. Ali Imran : 92 ).

Ada juga hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a.,

Rasulullah bersabda : “dan barang siapa yang membelaikan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyuro, maka Allah Ta’ala mengangkat derajat orang tersebut untuk satu helai rambut satu derajat. Dan barang siapa memberikan ( makan dan minum ) untuk berbuka bagi orang mukmin pada malam Asyuro, maka orang tersebut seperti memberikan makanan kepada seluruh umat Muhammad SAW dalam keadaan kenyang semuanya.”- Al Hadits.

Berdasar ayat dan hadis diatas, pada tanggal 16 september 2018 Takmir Masjid Baiturrakhim bersama pemuuda dan remaja masjid mengadakan kegiatan santunan anak yati dan piatu. kegiatan yang dibarengkan dengan Pengajian Rutin Akhad Pagi Tersebut memberikan santunan pada 21 anak yatim dan piatu se-desa Limbangan. Masing-masing anak mendapatkan santunan Rp.800.000 dan masih banyak jama’ah pengajian ahad pagi yang kembali menyantuni pada saat bersalaman dan cium kening sebagai wujud kecintaan dan kepedulian mereka terhadapa anak yatim/piatu.

Peringatan 10 Muharam Masjid Besar Baiturrakhim Limbangan
Facebook Comments

Detail

Tanggal:
6 Oktober
Waktu
08:00 - 17:00
Kategori Kegiatan: